Cara Membuat Breadcrumb WordPress Tanpa Plugin

cara memasang breadcrumb wordpress tanpa plugin1

Cara Membuat Breadcrumb WordPress Tanpa Plugin – Memasang breadcrumb memiliki banyak sekali keuntungan, bagi kalian yang belum tau apa itu breadcrumb, saya akan menjelaskannya sedikit, breadcrumb adalah link navigasi yang digunakan untuk menampilkan link serta sub link yang menuju sebuah halaman/artikel. Breadcrumb sering ditampilkan secara horizontal dan ditaruh di atas judul artikel, fungsi breadcumb adalah untuk memudahkan pengunjung untuk mengetahui posisi halaman mereka saat itu.

Sebenarnya memeasang Breadcrumb di wordpress kalian bisa menggunakan plugin, tapi jika kalian menggunakan plugin terlalu banyak, bisa membuat website berat dimuat/diakses.

cara membuat breadcrumb di wordpress tanpa plugin

Dengan memasang breadcrumb maka pengujung kalian akan lebih mudah untuk menjelajahi halaman website kalian, karena mereka bisa mengetahui sudah sedalam apa mereka menjelajahi laman yang ada di website kalian dengan melihat struktur link yang ada di breadcrumb. Kalian bisa meilihat contoh struktur breadcrumb website ini. contohnya breadcrumb di artikel ini Home › Blog › Cara Memasang Breadcrumb WordPress Tanpa Plugin

Baca Juga : Kelebihan Dan Kekurangan CMS WordPress

Bisa dilihat disitu bahwa tulisan berjudul Cara Memasang Breadcrumb WordPress Tanpa Plugin tersebut berada dibawah kategori Blog, Jika link Blog di klik maka kalian akan membuka halaman Blog, sedangkan link Home berfungsi untuk kembali ke halaman depan website/index website.

Keuntungan lain dari memasang breadcrumb ini  disukai oleh mesin pencari seperti google, bahkan website yang terpasang breadcrumb bisa menghasilkan tampilan URL yang berbeda pada halaman mesin pencari. Contoh artikel ini, jika tidak dipasang breadcrumb maka Url yang tampil di mesin pencari adalah https://www.canada-antivirus.com/blog/cara-membuat-breadcrumb-wordpress-tanpa-plugin/ tapi jika dipasangi breadcrumb maka Url yang tampil di mesin pencari adalah Canada-Antivirus > Blog. Oke langsung saja saya bahas, Cara Memasang BreadCrumb WordPress Tanpa Plugin

Baca Juga : Apa Itu Backlink Dofollow dan Nofollow? Apa Perbedaannya?

Cara Memasang BreadCrumb WordPress Tanpa Plugin

#1 Menampilkan Breadcrumb di wordpress sangat mudah, pertama sobat tinggal membuat fungsi breadcrumb, fungsi ini harus kalian tambahkan pada file functions.php yang berlokasi di dalam folder theme/template yang kalian gunakan paste script berikut ke bagian paling bawah sebelum ?>

function get_breadcrumb() {
echo ‘Home’;
if (is_category() || is_single()) {
echo ” » “;
the_category(‘ • ‘);
if (is_single()) {
echo ” » “;
the_title();
}
} elseif (is_page()) {
echo ” » “;
echo the_title();
} elseif (is_search()) {
echo ” » Search Results for… “;
echo ‘”‘;
echo the_search_query();
echo ‘
“‘;
}
}

 

#2 Memanggil Fungsi Breadcrumb

Langkah selanjutnya adalah memanggil fungsi breadcrumb di folder Single.php, tapi biasanya ditaruh diatas judul tulisan, itu berarti sesudah script <?php if (have_posts()) : while (have_posts()) : the_post(); ?> jika script seperti itu tidak ada carilah script yang hampir mirip dengan script itu.

<div class=breadcrumb><?php get_breadcrumb(); ?></div>

cara memasang breadcrumb di wordpress tanpa plugin

Supaya tampilan breadcrumb terlihat lebih menarik, kalian bisa menambahkan script CSS berikut ini pada file Style.css.

Itu adalah Cara Membuat BreadCrumb WordPress Tanpa Plugin jika bagi kalian artikel ini bermanfaat silahkan share artikel ini di akun media sosial kalian. Bagi kalian yang merasa kebingungan silahkan tulis komentar kalian dibawah.